RIM Tolak Tuduhan Perkembangan BB10 Lambat dan Tak akan Bisa Bersaing

Sebagaimana diketahui, Research in Motion saat ini sedang menggodok produk smartphone baru yang akan memakai sistem operasi teranyar mereka yaitu BlackBerry 10. Namun demikian smartphone ini tidak akan diluncurkan di paruh kedua tahun 2011 ini, karena menurut Mike Lazaridis, co-CEO RIM, belum ada chipset LTE yang terpasang di dalamnya.
Penundaan peluncuran handset ini ternyata menurut BGR dikarenakan alasan yang berbeda. Menurut sumber BGR yang berasal dari dalam RIM, penundaan ini bukanlah karena masalah perangkat keras namun karena lambatnya perkembangan pengembangan BB10 yang berbasis QNX ini. Sumber BGR tersebut mengatakan bahwa BB10 masih tanpa client email native dan beberapa aplikasi lain, seperti yang ada di tablet PlayBook.


Sumber BGR ini juga mempertanyakan kemampuan eksekusi di BB10. Dikatakan oleh sumber tersebut bahwa RIM mempertaruhkan perusahaan pada sebuah OS yang bahkan tidak bisa mengalahkan iPhone OS 1.0 atau Android 2.0.
Atas pemberitaan BGR tersebut, RIM memberikan jawaban yang menolak keras tuduhan tersebut. Wakil RIM bernama Jamie Ernst memberikan pernyataan bertanggal 22 Desember 2011 sebagai berikut:
RIM membuat putusan strategis untuk meluncurkan perangkat berbasis BlackBerry 10 yang dengan memakai arsitektur chipset dual-core berbasis LTE. Sebagaimana yang dijelaskan pada saat laporan keuangan sebelumnya, dampak atas keputusan ini dari segi teknik rekayasa dan beberapa faktor lain telah mempengaruhi waktu peluncuran perangkat BlackBerry 10 secara signifikan. Klaim anonim yang menyatakan kebalikan dari hal tersebut merupakan hal yang tidak akurat dan tidak berdasarkan informasi yang tepat. Sebagaimana telah dijelaskan RIM sebelumnya, dan seperti yang telah diulang oleh Mike Lazaridis dalam konferensi saat pengumuman pendapatan lalu, kami tidak akan meluncurkan perangkat BlackBerry 10 hingga kami yakin bahwa perangkat tersebut siap dan kami percaya bahwa arsitektur chipset baru ini dibutuhkan untuk memberikan pengalaman pengguna kelas dunia seperti yang diharapkan para pelanggan kami. Jika ada perkiraan yang bertolak belakang maka hal tersebut adalah salah. Kami menghargai adanya perhatian atas platform masa depan kami ini dan kami akan terus bekerja keras untuk menyuguhkan platform tersebut secepat mungkin. Di saat yang sama kami benar-benar gembira dengan kesuksesan produk smartphone BlackBerry 7 yang belum lama ini diluncurkan dan kami percaya produk-produk tersebut menawarkan pilihan yang menarik bagi para pelanggan baru dan hampir 75 juta pengguna BlackBerry yang ada di seluruh dunia.
Pernyataan dari wakil RIM ini berarti menolak klaim dari sumber BGR yang disebut tidak tahu informasi dan salah. Namun dari pernyataan ini dapat diketahui bahwa saat ini BB10 memang belum siap karena belum diselesaikannya masalah hardware dengan software pendukungnya. Pernyataan ini juga mengisyaratkan bahwa RIM tidak akan buru-buru masuk ke pasar dengan perangkat setengah matang seperti BlackBerry PlayBook dan lebih memilih menyiapkan produk yang benar-benar matang dan berkualitas sehingga bisa sukses berkompetisi dengan smartphone kelas atas dari vendor lain

0 komentar:

Posting Komentar

 

Theyrfb © 2011 Design by Best Blogger | Sponsored by HD Wallpapers